Rabu, 17 Agustus 2016



ABSTRAK

Palupi, Indah. 2016. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan  Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pankoteka Materi Persilangan Monohibdrid dan Dihibrid Pada Peserta Didik Kelas IX D SMP Negeri 3 Pulosari Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016”

Kata kunci : Aktivitas dan hasil belajar, Problem Based Learning Media Pankoteka
  
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasi belajar IPA dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran, mengetahui perubahan sikap spiritual dan sikap sosial, mengetahui peningkatan nilai pengetahuan dan mengetahui peningkatan nilai keterampilan peserta didik melalui penerapan model PBL berbantuan media pankoteka materi persilangan monohibrid dan dihibrip pada peserta didik kelas IXD SMP Negeri 3 Pulosari semester II tahun pelajaran 2015/2016. PTK ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan proses pembelajaran meningkat ditandai dengan adanya peningkatan aspek keaktifan dan antusias peserta didik  30,3%. Perubahan sikap spiritual meningkat 3,03% dan 100% peserta didik telah mencapai kriteria minimal baik (B). Sikap disiplin meningkat  6,06%, sikap tanggung jawab meningkat 3,03%, dan sikap percaya diri meningkat 9,09%. Nilai rata-rata pengetahuan meningkat 8,63 poin dengan ketuntasan klasikal meningkat sebesar  21,20%. Peningkatan keterampilan peserta didik 4,55 poin dengan ketuntasan klasikal meningkat 21,21%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar